Thursday, September 28, 2023

Tiba-tiba Tertarik dengan Trucking yang Beredar di Amerika

Entahlah apa yang membuat saya tertarik dengan trucking dua minggu terakhir ini. Bukan dengan trucking lokal yang sering beredar di jalanan Indonesia ya, tapi yang ada di luar negeri, entah Eropa atau Amerika. Saya jadi sering browsing YouTube nonton tentang dunia trucking, tiba² saja tertarik. Why?

Saya coba flashback sedikit, sebenarnya dipengaruhi karena apa sih? Saya coba share sedikit alasannya, yang saya kira² sendiri.

✓ Kebetulan dua minggu terakhir saya sibuk mengurusi kedatangan mesin yang datang diimpor dari China. Dimana kiriman barang ini pastinya kan ditarik sama truck tronton trailer, dari situ saya jadi sering browsing untuk melihat dimensi trucking yang membawa peti kemas ukuran 20 feet atau 40 feet.

✓ Diawali dari sebuah pertanyaan, kenapa trucking di Indonesia berbeda dengan yang dipakai di luar negeri, Eropa atau Amerika. Trucking trailer terutama di Indonesia umumnya berkelas medium. Kenapa truck Eropa dan Amerika jarang ada di jalanan Indonesia?

✓ Sering lihat trucking kelas tronton atau trailer yang ngangkut barang long base yang kesulitan menanjak ketika melewati medan yang relatif menanjak. Sebenarnya head of truck itu mampu atau tidak sih?

✓ Terpengaruh dari motor-home, jadi kebanyakan driver tronton atau trailer ini kan menjadikan kendaaraan mereka sebagai rumah mereka selama di perjalanan, dimana di dalamnya juga ada tempat tidur untuk mereka beristirahat. Walau tak senyaman kendaraan pribadi yang dijadikan camper-van, tapi sepertinya seru juga sih lihat driver trucking di luar negeri. Lho kenapa di luar negeri, hmm kalau di dalam negeri driver trucking itu masih dianggap pekerjaan yang 'dipandang sebelah mata'. Sudah kendaraan yang dibawa itu lusuh, bobrok dan nampak gak laik jalan.

✓ Pada dasarnya saya suka pada karakter Optimus Prime dari Transformers yang memilih bentuk perubahan dari sebuah truck tronton trailer yang mana model trucking nya saya sukai dan baru tahu truck trailer model seperti itu punya brand Peterbilt. Yang digunakan adalah Piterbilt Type 379 tahun 1992. Tipe ini yang dipakai dalam film Transformers yang pertama. Nah karena inilah, setelah mengetahui nama brand dari head truck trailer ini mulai saya cari² seputar dunia ini dengan basis head truck Optimus Prime.

Memang jika merujuk pada aslinya, dari kartun Transformers, Optimus Prime itu mengambil rupa bentuk kendaraannya dari brand lain yaitu Frightliner Type FL86, seperti dokumentasi yang saya share di bawah ini.

Head truck dari brand Frightliner, yang dijadikan opsi perubahan Optimus Prime pada serial kartunnya, FL86. Gambar diambil dari Google

Sebenarnya dari brand Peterbilt ada juga truck dengan model serupa dengan FL86 ini yaitu Piterbilt 310 COE dan Piterbilt 282 COE lansiram tahun 1970an.

Piterbilt 282, mirip kan modelnya dengan yang jadi model kartun Optimus Prime. Gambar diambil dari Google

✓ Imajinasi saya ingin kerja di Amerika menjadi supir truck trailer seperti itu, nampaknya seru, every day is traveling. Ini sekaligus mengingatkan saya akan game di Sega dulu, menjadi supir trucking trailer gitu.

Itulah kira² alasan saya kenapa belakangan saya koq jadi senang sama dunia trucking dan beranda time line YouTube saya berisi video² yang membahas soal trucking tronton trailer. Hm lalu. Apa sih yang mau dibahas lebih lanjut pada postingan ini?

Kalau gak salah si di atas ini Piterbilt Type 389

Jadi dipost kali ini saya mau share trucking imajinasi yang ingin saya miliki, jika saya misalnya berandai-andai menjadi seorang milyader. Ingin saya bekerja menjadi driver truck trailer tronton tapi pakai truck dari brand Piterbilt ini.

Piterbilt merupakan pabrikan otomotif trucking kelas berat atau heavy duty yang memperkenalkan model head truck seperti perubahan dari Optimus Prime. Banyak tipe dan model head truck seperti itu, nah salah satunya ya Piterbilt Type 379 lansiran 1993, seperti yang videonya saya share di bawah ini.

Ini bukan interior original, tapi sudah dimodifikasi ya, sesuai keinginan pemilik truck. Meski truck sudah lama tapi Masih kinyis² layaknya kendaraan baru. Lihat saja mesinnya masih mulus.

Divideo di atas saya share ingin memberikan gambaran interior trucking model seperti ini gimana sih. Wajar saja jarang sekali ditemuin di Indonesia head truck seperti ini. Mungkin karena tidak cocok dengan jalanan Indonesia dimana dimensi head truck ini relatif besar dan pastinya makan badan jalan, dimana jalanan Indonesia kita tahunserba terbatas, bisa nyangkut dengan kendaraan lain bisa² dan jadi biang macet, karena pastinya gak bisa ngebut jadi jalan pelan, otomatis jadi sumber hambatan bagi arus lalu lintas.


Oh ya kembali ke brand Piterbilt, brand inilah yang jadi pilihan saya ketika saya berimajinasi memiliki head truck heavy duty. Meski ada brand² lain seperti Frightliner, Paccar, Volvo, Scania dll. Tapi yang punya model keren ala klasik dan masih oke kalau mejeng di jalanan jaman saat ini ya Peterbilt. View vintage dan modern nya masih bisa dikombinasikan, itu menurut saya sih.

Hmm, btw berapa sih harga head truck Piterbilt ini?

Oh ya, kalau ini bukan harga normal atau harga beli wajar ya, sekedar informasi saja. Piterbilt 379 tahun 1992 yang digunakan difilm Transformers pertama itu laku dilelang seharga US $110.000. Jika dirupiahkan dengan kurs saat saya post kali ini Rp 15.520,- per US $1, maka harganya? #mahal Meskipun head truck ini harganya selangit, truck dengan mesin 6-silinder segaris berkapasitas 14,6 liter ini tidak 'road legal'.

Sebelumnya produk Piterbilt sudah ada sejak tahun 1939, produksi truck dengan jenis moncong panjang. Saya tidak catat yang produksi sebelumnya. Jadi saya mulai dari Piterbilt 359, tipe produksi tahun 1967-1986. Sejatinya Piterbilt 379 merupakan tipe produksi tahun 1987-2007. Lalu kemudian digantikan Piterbilt 389, diproduksi tahun 2008 dan masih diproduksi hingga saat ini (saat saya post postingan ini). Tapi dengar² tahun 2023 ini tipe ini akan stop produksi.

Penggantinya dengan model serupa adalah Piterbilt 589. Nah seperti apa sih Piterbilt model terbaru ini, model yang saya suka. Meskipun Piterbilt punya banyak tipe lain, tapi yang moncong panjang datar ya tipe ini.


Jika mau tahu tipe head truck Piterbilt lainnya kalian bisa baca tautan yang saya bagikan dibawah ini, klik saja dan baca juga di sana ya. Blog itu merupakan translate ya, jadi jika kalian baca blog aslinya pasti dalam bahasa Inggris.


Oh ya, pada brand Peterbilt, truck mereka diklasifikasikan kedalam beberapa kelas, kelas 5-7 itu diperuntukam untuk tugas sedang dan kelas 8 untuk tugas berat atau heavy duty. Yang saya sebutkan di atas mayoritas adalah kelas 8.

Piterbilt 589

Berikut ini adalah detail spesifikasi dari Piterbilt 589, dimana merupakan head truck Piterbilt yang modelnya saya sukai, data spesifikasi saya ambil dari website Piterbilt.



Spesifikasi:
Kelas: 8 (heavy duty)
Peruntukan: jalan raya
Poros depan: 12.800 - 22.800 lbs
Poros belakang: 21.00 - 78.000 lbs
Tenaga kuda: 405 - 605 HP
Max torsi: 1.450 - 2.050 lb/feet
Kabin sleeper: 44 - 80 inchi (low - high roof)
Engine: PACCAR MX-13 atau Cummins X15

Engine from Paccar

Paccar MX-13
Konfigurasi: Inline 6-Cylinder
Displacement: 12.9 L
Tenaga kuda: up to 510 hp
Max torsi: up to 1.850 lb/feet
Garansi¹: 2 years/250K MI/400K KM

Cummins X15
Konfigurasi: Inline 6-Cylinder
Displacement: 14.9 L
Tenaga kuda: up to 605 hp
Max torsi: up to 2.050 lb/feet
Garansi¹: 2 years/250K MI/400K KM

Transmisi: MT or AT *bisa milih pakai apa: Eaton FR/RT atau TX-12 Endurant HD atau TX-18 Endurant XD atau TX-18 Endurant XD PRO

Ini dia view kabin utamanya, dibalik kemudian dengan fitur² teknologi masa kini yang disematkan makin menambah kenyamanan berkendara jarak jauh.

Teknologi yang mungkin disematkan: Advanced Driver Assistance Systems , SmartLINQ Connected Truck Technologies , SmartNAV.

Secara umum spesifikasinya seperti yang bisa dilihat di atas. Jadi beda dengan mobil pada umumnya dimana spesifikasinya tidak banyak pilihan, di sini spesifikasi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, mau transmisi manual atau automatic 12-18 percepatan.

Hal yang menarik buat saya dimana truck ini bisa jadi motor-home adalah soal interiornya yang bikin nyaman. Meski perjalanan jauh mengendarai truck ini dijamin nyaman, dari Sabang - Papua sana bisa dilalui dengan nyaman sekali.

Nyaman sekali, ada meja kecil, lemari pakaian sebagai kompartemen besar dan kompartemen kecil lain yang menambah kenyamanan sebagai motor-home. Bayangkan tersedia microwave di sana.

Tidak perlu hotel, tinggal dari SPBU dan istirahat deh di dalamnya, nyaman sekali.

Berasa seperti camper-van kalau lihat isi kabin di dalamnya. Ingin bermimpi memilikinya? Maka harus siapkan budget yang gak murah untuk membawa unit CBU ini ke Indonesia, belum lagi soal pajaknya yang bisa jutaan, hingga puluhan juta. Truck ini mungkin jika masuk Indonesia dianggap sebagai kendaraan niaga.



Selengkapnya bisa tonton video official dari Piterbilt 589 ini di atas, tinggal klik play button, and see that! Tapi yang divideo adalah tipe yang paling simpel, artinya tidak ada kabin sleepernya.


Nampaknya ini bisa saja jadi model terakhir model klasik yang diproduksi, menurut CEO Peterbilt Jason Skoog mengatakan desain dan tampilan klasik Peterbilt tidak akan terus berlanjut di masa depan. 589, yang meneruskan warisan pendahulunya, bisa jadi merupakan yang terakhir dari jenisnya.


Saya tidak bisa menemukan informasi berapa harga jual dari Piterbilt 589 ini, yang jelas melihat pasaran harga unit bekas Piterbilt di Indonesia, dimana impor utuh dari USA, harganya mencapai milyaran, itu bekas lho, tahunnya lawas pula. Bagaimana dengan yang baru, pastinya bisa bermilyaran lebih.

Masihkah bermimpi memilikinya? Kalau saya sih masih lah, walaupun tidak akan pernah terwujud, tapi gak apa, setidaknya saya pernah bermimpi dan saya menuliskannya di sini.

Segitu saja lah berhayalnya, semoga ya setidaknya apa yang saya resume ini bisa membawa alam bawah sadar untuk merekamnya lalu membawanya ke dalam mimpi ketika saya tidur, entah kapan, setidaknya di dalam mimpi saya bisa dibawa seolah-olah memilikinya atau mengendarai ya.

Sampai jumpa dipost receh lainnya, bahas hal² yang menyenangkan hati, mengisi libur tengah pekan ini dengan berhayal. -THN

#onedayonepost
#wish&dream
#umum
#piterbilt589
#piterbilt

No comments:

Post a Comment