Friday, November 10, 2023

#07 Ngecamp di Hutan Cempaka Camping Ground

Kali ini saya mau share aktivitas ngecamp yang ke-7, dan ngecamp ke-4 jika bersama-sama dengan Quantum Camp Group.

Mungkin ini jadi camp terakhir tahun 2023 ini untuk grup ini, soalnya mungkin ya setelah ini kan sudah memasuki musim hujan, nah apabila musim hujan pasti suasananya kurang nyaman buat ngecamp, karena waktu lebih banyak dihabiskan di tenda karena harus berteduh hujan.

Ngecamp yang terakhir sebelum ini, ngecamp Quantum Camp ini adalah di Taman Merak Pujon, tautan ceritanya bisa dibaca di bawah ini.


Kalau catatan ngecamp single terakhir adalah di Bukit Sempu, yang berakhir kurang smooth karena masalah angin kencang.


Lalu kemana tujuan camp bersama kali ini?

Kali ini kami sepakat memilih lokasi camp yang gak jauh² dari Pandaan. Maka terpilihlah, Hutan Cempaka Camping Ground, Pasuruan, Jawa Timur.

Hutan Cempaka, gambar diambil dari Google.

Camping ground satu ini dikenalnya sebagai cafe dengan suasana hutan. Di salah¹ bagian dari cafe ini ternyata ada area yang bisa dimanfaatkan untuk camping ground.

Sekalian mau tahu suasana malam di daerah sini seperti apa sih, sejuk kah atau ya biasa saja. Jadi selengkapnya apa saja yang bisa dirasakan di cpi ground ini dan apa saja aktivitas di sini akan saya bahas selanjutnya dipostingan ini.

Ngecamp kali ini saya bawa dua barang baru untuk partner saya aktivitas camp, yaitu sebuah tripod dan flysheet yang saya gunakan sebagai antisipasi jika hujan, kan musim hujan akan segera tiba.



Hutan Cempaka Camping Ground
Jadi tempat ini dikelola oleh sebuah yayasan, yakni Cempaka Foundation (Yayasan Cempaka Education Center), yang berdiri tahun 2016.

Apa saja yang ada di sini?

✓ Wanawisata Hutan Cempaka
✓ Aktivitas outbond
✓ Kuliner "Cafe Cempaka"
✓ Camping Ground

Oh ya, lokasi Hutan Cempaka ini berada di ketinggian 850 mdpl berada di lereng Gunung  Arjuna dan Ringgit.

Yayasan ini mengelola area hutan pinus seluas 2 hektar. Area ini dikelola secara kolaboratif antara Perum Perhutani, Yayasan Cempaka, BUMDesa Dayurejo dan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Desa Dayurejo.

Lokasi Hutan Cempaka ini berada di Dusun Gamoh, Desa Dayurejo Kec. Prigen Kab. Pasuruan yang berjarak 10 km dari Pintu Tol Pandaan.

Kalau membahas area camping ground ya tersedia area seluas 3.500 m². Dikelilingi oleh rindangnya pohon pinus dan pemandangan hutan alami gunung Arjuna Ringgit. Area ini bisa menampung lebih dari 150 Tenda dan 500 orang dalam 1 kegiatan.


Camp kali ini dilaksanakan dari Sabtu-Minggu, tanggal 11-12 November 2023. Start seperti biasa karena Sabtu masih bekerja ya sepulang kantor kami berangkat.

Tapi persiapan seperti biasa sudah saya lakukan sejak Jumat. Camp kali ini saya coba seringkes mungkin, supaya mobil bisa angkut lebih dari 2 orang, karena 2x ngecamp terkahir selalu full bagasi.

Sekedar informasi, sebelum ngecamp di sini kami reservasi terlebih dulu, jadi salah¹ dari tim Quantum Camp ini hubungi kontak WA pengelola, menyampaikan kalau pada tanggal segitu akan ngecamp, karena ada beberapa alat yang harus disewa di sana.

Jujur saja, saya agak gimana gitu dengan camp ground yang harus booking dulu, berasa hotel aja, padahal ya kita kan living at nature. Kalau konsepnya cottage, glamping, pods at nature it's oke ya, karena itu harus booking.


Aktivitas Camping #07
Sabtu pagi saya harus ribet nyari galon air sekali pakai dari Leminerale, susah sekali, Alfamart dan Indomaret yang saya sambangi gak ada.

Pagi ini saya sekalian isi BBM, jemput tim camp karena dari mobil saya ini bawa Mr. G dan Mr. Onay. Anggota tim lainnya mobilan menyusul Mr. Kris, Mr. Galang dan Mr. Enggar.

Semua perkap kebutuhan camp sudah di dalam mobil. Kita hanya perlu bersabar sampai jam pulang kerja tiba. Walaupun hari ini pendek, dengan load pekerjaan tinggi, jujur saja saya tak mengharapkan jam ini ada, tapi mau gak mau tuntutan kerja.

Sampai di lokasi camp sekitar jam /4 sore. Sampai lokasi sudah ada beberapa tenda, yang umumnya merupakan keluarga, meraka gak bawa tenda sendiri, sepertinya sih sewa kayanya. Soalnya memang di sini menyediakan sewa peralatan camping juga, jadi cukup bawa badan, perkap sisanya disediakan di sini.

Di sini juga jangan khawatir sepi atau gimana, karena dekat juga dengan cafe dan arena outbound, jadi sangat cocok untuk ngecamp bareng keluarga dengan anak² kecil, mereka pasti gak bosan.

Jadi di sini ada dua area parkir, yaitu bawah dan atas, kalau di bawah itu dekat dengan arena outbound. Kalau di atas itu dekat dengan camp ground dan cafe. Tapi jika pun parkir di bawah bisa juga naik tangga ke area camp ground.

Sampai lokasi, sebelum mendirikan tenda kami cek² lokasi, cek kamar mandi, kemudian milih lokasi pendirian tenda. Lokasi kamar mandi ya ini dekat dengan tangga naik dari parkiran mobil bawah ke area camp ground.

Oh ya, untuk kamar mandi ya ini bersih, terbaik deh, bersih dan nyaman. Bilik kamar mandi dan WC dipisah. Untuk pencahayaan juga terang, gak terasa singup atau gak nyaman, entah bagi orang penakut paling ya takut, tapi kalau saya si biasa aja. Airnya juga jernih dan segar, saya sangat nyaman mandi di sini. Kemudian airnya juga gak terlalu dingin, segar deh. Saya saja mandi selepas magrib gak begitu merasa dingin, Masih okelah badan menahan dingin, habis mandi saya pakai lektonan aman terkendali.

Suasana ngecamp di sini nyaman, sejuk walau gak dingin terlalu, tapi suasana healing ya dapat. Kemudian dekat dengan pengelola, jadinya aman dan nyaman ngecamp di sini.

Untuk sumber listrik ada di tengah. Kalau bisa kalian sewa saja kabel olor ke pengelola, butuh sekitar 20 meter dari sumber listrik, terus dilanjutkan dengan kabel yang kalian bawa sendiri.



Ggh





No comments:

Post a Comment