Saturday, July 29, 2023

Memahami Karakteristik Template Blog Ini

Sejak awal memulai blog ini, saya memilih template Sora Tamplates dari Gooyaabi, ya saya suka saja sama template ini.

Baca juga: First Template #1

Seiring waktu, sering visit ke blog sendiri, kemudian editing blog ini saya menemukan sesuatu yang jadi karakternya si template ini.

Apa itu?

Soal gambar tertampil. Jadi saya tipe blogger yang selalu ingin tiap post itu ada gambar ilustrasi minimal atau gambar / foto pendukung tentang apa yang sedang di-posting.

Kadang seringnya untuk post umum, repost saya gunakan ilustrasi yang ada dari Google, karena saya memang punya kesulitan editing foto atau gambar sebagai ilustrasi, jiwa seni saya di sini kurang sih #beranijujuritubaik. Tapi saya selalu melampirkan link source gambar itu diambil.

Jika yang saya post itu punya dokumentasinya, berupa foto yang saya ambil dari kamera hape, atau minimal foto dari kamera lainnya, saya akan post foto itu sebagai pendukung apa yang sedang dibahas di post itu.

Ketika upload dipost blog ini gak ada masalah sih, normal, semua gambar/ foto format .jpg, .png itu bisa koq tertampil di tampilan blog, bahkan ketika tampilan dasbor/home blog atau ketika sebuah postingan diklik dan dibaca, gambar pendukung itu muncul.

Cuma ada yang gak muncul ketika preview postingan terkait yang ada pada bagian bawah. Jadi habis bodi utama postingan, di tata letak blog / tampilan blog saya itu ada ditampilkan beberapa postingan terkait, yang sekiranya setema atau setopik.


Hanya saja ada yang aneh dan saya baru menyadari. Jadi jika post tersebut foto/gambar ilustrasinya diambil dari download Google, gambarnya itu gak muncul. Jadi seperti blank, tapi jika gambar atau fotonya itu hasil buatan sendiri, itu pasti muncul. Seperti yang kalian lihat pada cuplikan SC yang saya ambil dari blog saya.

Seperti yang bisa dilihat digambar di atas, ada tiga post, nah post yang tengah itu gambar ilustrasinya memang saya ambil dari Google dan tidak muncul preview ya. Sedangkan post #1 dan #3 itu merupakan hasil dokumentasi kamera hape saya dan muncul.

Dari situ saya menarik kesimpulan bahwa postingan yang terbit diblog ini disarankan untuk menggunakan gambar/ foto hasil jepretan sendiri, supaya ya muncul. Intinya hasil kreasi sendiri sih, walaupun ambil di Google, jika kalian edit terlebih dahulu, diberikan something lah, itu bisa muncul koq preview gambarnya.

Untungnya untuk preview pada tampilan home blog, yang pengunjung lihat ketika berkunjung ke blog itu masih terlihat post dengan gambar, tidak ngeblank.

Itulah dia ya salah¹ karakteristik dari template blog yang saya pakai ini. Ya saya hanya ingin share ini saja si, sementara ini yang saya temukan. Kalau ada yang lain saya sampaikan pada post berikutnya. -THN

#onedayonepost
#blog
#opini

No comments:

Post a Comment